SimpleWordPress

Rabu, 27 April 2022

SMKS Tecmatik Informatika Plus - Noelbaki Percepat Penerimaan Peserta Didik Baru

Penerima penghargaan dari YPRN saat siswa Juara 1 
Lomba Gitar Solo Tk. Prov NTT di ajang FLS2N

SMK Swasta Tecmatik Informatika Plus yang terletak di Jl. Timor Raya Km.14,5 - Noelbaki saat ini sudah mulai membuka  pendaftaran peserta didik baru untuk tahun ajaran 2022/2023.Hal ini disampaikan Kepala SMKS Tecmatik Informatika Plus, Yonathan Snae, M.Div, Senin (25/4/2022).

Secara khusus alasan PPDB dipercepat karena sekolah tersebut memiliki kekhususan dan keunggulan di bidang keagamaan Kristen atau keimanan dan multimedia sehingga banyak peminat pada sekolah ini.

Sesuai dengan kekhususan itu, pihaknya membuka jalur penerimaan calon peserta didik yang proses penilainannya juga membutuhkan waktu cukup lama berdasarkan pengalaman PPDB tahun ajaran sebelumnya, sehingga perlu dilakukan penerimaan lebih cepat atau lebih awal dari sekolah lainnya.

Siswa sedang belajar editing video 

Syarat pendaftaran :

1.    SKL atau Ijazah : FC.2 lbr

2.    KIP/PKH/PKS (kalua ada) surat keterangan tidak mampu : FC. 2 lbr

3.    KK dan akta lahir : masing – masing FC.2 lbr

4.    Pas Foto warna 3x4: 2 lbr

5.    Pendaftaran Rp.150.000

6.  Alamat Email dan Nomor Handphone

Segera mendaftar dengan cara mengcopy atau mengklik link PPDB berikut :

https://forms.gle/ciHHfgf7fjNMtww96

https://forms.gle/ciHHfgf7fjNMtww96

https://forms.gle/ciHHfgf7fjNMtww96


Pengantaran siswa magang ke Dudi



 

 

Selasa, 12 April 2022

KATEGORI MULTIMEDIA

 Multimedia dapat didefinisikan  menjadi 2 katedgori, yaitu multimedia  content production dan multimedia communication. 

a. Multimedia Content Production 

Multimedia content production adalah penggunaan beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan interactivity) yang berbeda dalam menyampaikan suatu informasi atau menghasilkan produk multimedia seperti video, audio, music, film, game, entertainment, dan lain - lain. Bisa juga di katakan sebagai penggunaan beberapa teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (teks, audio, graphics, animation, video dan interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah: 

1. Media Teks/Tulisan

Teks merupakan dasar dari pengolahan kata dan informasi berbasis multimedia. Teks berperan penting dalam proyek multimedia, untuk mengkaji dan menyampaikan informasi kepada audiens dengan cepat 

2. Media Audio/Suara 

Media audio adalkah suatu alat media yang isi pesannya hanya dapat diterima melalui indra pendengaran saja. 

3. Media Video 

Video merupakan serangkaian gambar gerak yang disertai suara yang membentuk suatu kesatuan yang dirangkai menjadi alur, dengan pesan - pesan didalamnya untuk ketercapaian tujuan pembelajaran yang disimpan dengan proses penyimpanan pada media pita atau disk. Video mampu menangkan pesan pembelajaran secara realistik. Video memiliki beberapa features yang sangat bermanfaat untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Salah satu features tersebut adalah slow motion mampu memperlambat gerakan yang bergerak cepat sehingga siswa mudah untuk mempelajari. Slow motion adalah kemampuan teknis untuk memperlambat proses atau peristiwa yang berlangsung cepat. 

4. Media Animasi 

Animasi adalah gambar bergerak yang terbentuk dari sekumpulan objek  (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. 

5. Media Gambar 

Media gambar adalah suatu gambar yang berkaitan dengan materi pelajaran yang berfungsi untuk menyampaikan pesan dari guru kepada siswa. Media gambar ini dapat membantu siswa untuk mengungkapkan informasi yang terkandung dalam masalah sehingga hubungan antar komponen dalam masalah tersebut dapat terlihat dengan lebih jelas. 

6. Media Interaktif 

Multimedia interaktif adalah media yang menggabungkan teks, grafik, video, animasi dan suara. Untuk menyampikan suatu pesan dan informasi, melalui media elektronik seperti komputer dan perangkat elektronik lainnya. 

b. Multimedia Communication 

Multimedia communication adalah penggunaan media (massa), seperti televisi , radio, media cetak, dan internet untuk mempublikasikan /menyiarkan/mengkomunikasikan material periklanan, publikasi, entertainment , berita, pendidikan dan lain-lain. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah : 

1. TV 

Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam putih) maupun berwarna. 



2. Radio 

Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). 



3. Film 

Film adalah suatu media komunikasi massa yang sangat penting untuk mengkomunikasikan tentang suatu realita yang terjadi dalam kehidupan sehari - hari. Film memiliki realitas yang kuat salah satunya menceritakan tentang realitas masyarakat. Film merupakan gambar yang bergerak (moving picture). 

4. Media Cetak 

Media cetak merupakan bagian dari saluran informasi masyarakat disamping media elektronik dan juga media digital. Ditengah dinamika masyarakat yang demikian pesat, media cetak dianggap sudah tertinggal dibandingkan dengan dua pesaingnya yaitu media elektronik dan media digital. Meski demikian, bukan berarti media cetak sudah tidak mampu meraih konsumen yang menantikan informasi yang dibawanya. 

5. Internet 

Internet merupakan jaringan komputur yang dibentuk oleh Departemen Perthanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut  ARPANET (Advanced Research Project Agancy Network), dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan harware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. 



Rabu, 30 Maret 2022

SIMBOL FLOWCHARD

         Bagan alir tersusun dari berbagai simbol yang berbeda untuk mempresentasikan sebuah input, proses maupun output yang berbeda. Selain itu, flowchard memiliki langkah - langkah yang harus diikuti guna menyelesaikan suatu permasalahan dalam bentuk simbol-simbol tertentu. Sebuah flowchard akan menetapkan konsep solusi dalam bahasa manusia ataupun notasi matematis, tetapi bukan instruksi bahasa pemrograman. Hal ini dikarenakan flowchard selalu diawali dengan penerimaan input (masukan) dan diakhiri dengan penampilan output (keluaran). simbol - simbol yang digunakan dalam menyusun flowchard adalah sebagai berikut. 


Gambar 1. Simbol Flowchar 


Berikut adalah contoh sederhana dari Flowchart dalam kehidupan sehari-hari kita, yaitu Flowchart pengiriman surat.

           Algoritma Pengiriman Surat :
  1. Menulis isi surat.
  2. Mempersiapkan amplop surat.
  3. Kemudian memasukan surat dalam amplop.
  4. Lem amplop surat tersebut.
  5. Tuliskan alamat pengiriman surat, jika tidak ingat cari alamatnya terlebih dahulu.
  6. Beli dan Tempelkan prangko surat pada amplop.
  7. Kemudian pergi kekantor pos dan serahkan surat yang ingin dikirim.


Gambar 2. Flowchar Pengiriman Surat 



Senin, 28 Maret 2022

DASAR PEMROGRAMAN

        Komputer merupakan sebuah mesin yang dirancang untuk mengikuti instruksi, sedangkan program komputer sebagai sebuah instruksi yang digunakan oleh komputer untuk memecahkan masalah atau tugas - tugas yang diberikan padanya. Oleh sebab itu, sekumpulan instruksi tersebut disebut dengan algoritma. 

        Algoritma diterjemahkan sebagai suatu kumpulan instruksi yang terdefinisi langkah demi langkah secara baik dengan tujuan menyelesaikan masalah. Catatan langkah - langkah tersebut diurutkan secara sekensial. Dalam algoritma langkah pertama harus dilakukan lebih dahulu sebelum langkah kedua dan seterusnya. Secara mendasar, langkah - langkah dalam pemrograman komputer tidak bisa terbalik. Misalnya komputer digunakan menghitung pembayaran pada seorang costumer untuk sejumlah barang, maka langkah - langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut. 

a. Menampilkan pesan pada layar "Nama Barang:"
Menunggu user memasukan data nama barang dan setelah ditekan ENTER maka komputer akan memasukan data kedalam memory. 

b. Menampilkan pesan pada layar "Harga Barang:"
Menunggu user memasukan data harga barang dan setelah ditekan ENTER maka komputer akan memasukan data ke dalam memory. 

c. Menampilkan pesan pada layar "Jumlah Barang:"
Menunggu user memasukan data jumlah barang dan setelah ditekan ENTER maka komputer akan memasukan data kedalam memory. 

d. Komputer melakukan perkalian antara harga barang dengan jumlah barang dan menampilkan hasil perhitungan yang harus dibayar oleh costumer. 

        Berdasarkan langkah - langkah diatas, terlihat bahwa komputer diinstrusikan untuk menghitung besarnya gaji pegawai, dimana langkah - langkah tersebut dikonversikan terlebih dahulu menggunakan bahasa mesin yang dipahami oleh komputer. Prosesor hanya mengetahui penggunaan bilangan sebagai perintah yang harus dilakukan, oleh karena itu algoritma tersebut harus dikodekan menjadi bahasa mesin. Penulisan bahasa mesin secara langsung akan sangat sulit bahkan cenderung membosankan. Agar penulisan bahasa tersebut lebih mudah maka digunakan bahasa tingkat tinggi yang bahasanya sudah mendekati bahasa manusia. Dengan bahasa inilah programmer dapat menulis instruksi - instruksi yang akan dilakukan oleh komputer.  

Sabtu, 26 Maret 2022

PENEMU ILMU KOMPUTER

     Pada dasarnya, komputer terbagi dalam lima generasi. Masing - masing generasi ditemukan pada tahun yang berbeda, serta orang yang berbeda pula. Namun yang jelas cikal bakal komputer ditemukan oleh Charles Babage. 

Gambar 1. Charles Babbage

    Seorang pakar matematik ini berhasil menemukan sebuah mesin hitung yang disebut komputer pada tahun 1822. Salah satu komputer yang pernah ada didunia dan menjadi komputer pertama adalah ENIAC. 

                                                                Gambar 2. ENIAC 

    Komputer pertama yang dinamakan ENIAC adalah Electronic Numerical Integrator Anda Computer, komputer ini dibuat pada tahun 1945 oleh Angkatan bersenjata milik Amerika Serikat dan dikembangkan oleh Dr. John W.Mauchly dan J.Presper Eckert ,jr. Electronic Numerical Integrator And Computer, adalah komputer elektronik penuh pertama yang didesain agar Turing-Complete, yang mampu diprogram ulang dengan cara mengatur ulang kabelnya agar dapat menyelesaikan segala jenis masalah perhitungan. 

Sumber: http://www.koneksia.com/sejarah-komputer-pertama-dan-penemu-komputer-pertama-di-dunia/    

Hanya Tuhan dan Anda Yang Tahu

Provinsi Nusa Tenggara Timur beberapa hari ini di gemparkan dengan kebijakan baru dari Gubernur NTT "Viktor Bungtilu Laiskodat"  t...